Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Administrator Akuntansi

Administrator Akuntansi (Accounting Administrator) 
Deskripsi Pekerjaan Administrator Akuntansi (Accounting Administrator) 
Administrator akuntansi atau juga disebut accounting administrator memiliki tugas umum untuk melakukan berbagai tugas akuntansi untuk perusahaan, seperti rekonsiliasi pajak, pembukuan, pembuatan faktur, dan pengendali persediaan. 

Image source: glints.com

Tujuan utama mereka adalah untuk mengelola,memproses dan menjalankan keuangan perusahaan, yang meliputi peninjauan faktur, mencatat pembukuan penggajian karyawan, penganggaran, dan persiapan pajak.
 
Tanggung jawab Administrator Akuntansi (Accounting Administrator) 
Administrator akuntansi harus bisa bersikap dinamis untuk mengelola proses keuangan perusahaan karena tugas mereka akan mencakup meliputi mendokumentasikan faktur, menjalankan dan pencatatan penggajian, dan mengelola aliran kas. Memperbarui basis data akuntansi dan melaporkan setiap perbedaan keuangan kepada manajemen juga merupakan tanggung jawab seorang Accounting Administrator. Untuk memastikan kesuksesan sebagai administrator akuntansi, Anda harus memiliki ketajaman dan ketelitian dalam perhitungan keuangan dan harus dapat memproses sejumlah besar data terkait keuangan dengan cepat dan akurat.
 
Tugas Umum Administrator Akuntansi (Accounting Administrator) 
  • Mengelola aset perusahaan dan pengeluaran keuangan. Menyiapkan dokumen keuangan seperti faktur, pengajuan pajak, dan laporan laba bulanan. Memperbarui catatan sesuai kebutuhan. 
  • Mengelola arus kas kecil dengan mencatat semua transaksi moneter. 
  • Memastikan bahwa pemasok diberitahu tentang setiap perubahan pada perjanjian layanan dan opsi pembayaran. 
  • Memperbarui manajemen pada setiap perbedaan keuangan yang ditemukan selama pengajuan pajak atau tugas faktur. 
  • Pengarsipan dokumentasi keuangan dan pemutakhiran database akuntansi secara bulanan atau tahunan. Mengikuti praktik terbaik dalam akuntansi, sebagaimana digariskan oleh pakar industri dan dianut oleh perusahaan.
 
Persyaratan Pendidikan & Keterampilan Administrator Akuntansi 
  • Gelar diploma atau sarjana di bidang akuntansi, bisnis, administrasi, atau sejenisnya. 
  • Setidaknya memiliki pengaaman satu tahun di bidang akuntansi. 
  • Keterampilan komputer dalam MS Office dan Outlook. 
  • Pemahaman tentang proses keuangan seperti pembukuan dan pengarsipan pajak. 
  • Keterampilan matematika dasar. 
  • Keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang sangat baik. 
  • Keterampilan organisasi dan manajemen waktu yang baik. 
  • Kemampuan untuk mengerjakan beberapa proyek secara bersamaan dengan tetap menjaga akurasi. Kemampuan untuk berkolaborasi dengan rekan kerja, klien, dan pemasok.

No comments:

Post a Comment