Prosedur & Tata Cara Mencari, Menemukan Dan Melamar Pekerjaan
Posted By : Informasi Dunia Kerja Admin Posted on - 5:15 AM with 2 comments
Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat dan kesesuaian gaji merupakan dambaan setiap orang. Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat namun gaji yang terlalu kecil atau tidak sesuai dengan kebutuhan hidup maka hal itu tentu tidak akan sesuai dengan keinginan anda, namun memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan bergaji tinggi sekalipun jika anda tidak berminat juga sama saja karena anda tidak akan menyukai pekerjaan tersebut dan tentu saja akan berpengaruh dengan kinerja anda di pekerjaan anda tersebut.
Jika anda baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan, belum pernah memiliki pengalaman bekerja atau sedang mencari pekerjaan baru tentu saja anda harus mengetahui bagaimana tata cara atau prosedur yang diperlukan untuk melamar pekerjaan sehingga anda dengan mudah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat bahkan sesuai dengan gaji yang anda inginkan.
Jika anda baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan, belum pernah memiliki pengalaman bekerja atau sedang mencari pekerjaan baru tentu saja anda harus mengetahui bagaimana tata cara atau prosedur yang diperlukan untuk melamar pekerjaan sehingga anda dengan mudah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat bahkan sesuai dengan gaji yang anda inginkan.
Nah berikut adalah gambaran bagaina tata cara yang baik untuk menemukan dan melamar pekerjaan yang sesuai dengan anda:
Mengetahui secara detail pekerjaan yang anda lamar tentu merupakan suatu keharusan dan diperlukan agar anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, latar belakang anda dan gaji yang sesuai. Beberapa hal yang mungkin bisa anda jadikan pertimbangan adalah sebagai berikut:
Setelah anda mengetahui beberapa opsi pekerjaan yang ingin anda lamar, kini saatnya membuat surat lamaran pekerjaan (job aplication letter) dan berikut bagian menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. pastikan untuk memiliki surat lamaran pekerjaan dan Cv secara berbentuk fiktif (asli & fotocopy) dan juga online doc (pdf atau office siapa tahu anda membutuhkan melamar secara online)
Sedang tips untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah sebagai berikut:
Setelah surat lamaran pekerjaan selesai anda tulis maka anda membutuhkan CV sebagai lampiran surat lamaran kerja yang anda buat tadi. CV (Curicculum Vitae) atau daftar riwayat hidup mutlak dilampirkan dalam surat lamaran kerja karena daftar riwayat hidup ini berisi tentang data diri anda secara singkat, lalu bagaimana menulis CV Anda?
Setelah semua dokumen anda persiapkan dengan baik selanjutnya anda perlu mengirimkan surat lamaran pekerjaan disertai lampirannya ke perusahaan yang membuka lowongan kerja baik secara langsung, kirim lewat pos kilat (agar cepat sampai tujuan) atau kirimkan secara online (jika perusahaan menginstruksikan untuk ini)
Setelah anda mengirimkan semua data yang diperlukan untuk mendaftar atau melamar pekerjaan maka selanjutnya anda harsu mempersiapkan diri untuk kemungkinan wawancara kerja. Tipsnya adalah sebagai berikut:
Pikirkan dan cari informasi tentang apa jenis pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh pewawancara kerja anda. Anda bisa mendapatkan informasi seputar wawancara kerja melalui teman atau kenalan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut, dari website resmi perusahaan atau sumber lain.
Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, Anda tidak akan pernah tahu apakah anda akan dopanggil untuk wawancara kerja. Jadi, ketika Anda ditawarkan sebuah wawancara kerja, lakukan dengan baik! Karena wawancara kerja merupakan tahap dimana anda akan dinilai oleh staf perusahaan yang bertugas merekrut karyawan baru, jadi gunakan kesempatan ini dengan baik agar peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbuka lebar. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda membuat kesan yang baik.
Setelah anda berhasil melalui wawancara kerja kini saatnya anda bersiap untuk bekerja atau bahkan sebaliknya yaitu ditolak! Jika Anda berhasil dan ditawari pekerjaan, perusahaan biasanya akan melakukan penawaran secara lisan. Mereka kemudian akan mengirimkan perjanjian kerja, yang akan menguraikan rincian pekerjaan Anda. Sebelum Anda menandatangani perjanjian kerja Anda, luangkan waktu untuk melihat lebih detail, dan memeriksa dan meminta saran jika Anda membutuhkannya. Hal ini untuk memastikan tidak ada yang dirugikan dalam perjanjian kerja tersebut.
Sebelum Anda mendatangani surat perjanjian tersebut pastikan:
Jika anda telah melewati tahap ini maka selamat dan mulailah mendapatkan pekerjaan.
Cari tahu tentang pekerjaan yang ingin anda lamar
Mengetahui secara detail pekerjaan yang anda lamar tentu merupakan suatu keharusan dan diperlukan agar anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, latar belakang anda dan gaji yang sesuai. Beberapa hal yang mungkin bisa anda jadikan pertimbangan adalah sebagai berikut:
- Seseuaikan pekerjaan yang anda cari sesuai dengan latar belakang pendidikan anda jangan sampai melamar pekerjaan yang membutuhkan karyawan di bidang teknik padahal anda merupakan lulusan pertanian (jelas gak nyambung + kemungkinan anda diterima kecil).
- Pastikan perusahaan anda melamar benar benar kredibel dan bonafit. jangan sampai anda tertipu perusahaan fiktif atau jangan sampai anda tertipu sejumlah uang namun pekerjaan tidak anda terima.
- Pastikan anda telah memiliki sejumlah dokumen yang diperlukan untuk keperluan mendaftar pekerjaan seperti surat lamaran kerja (jobs aplication letter), daftar riwayat hidup / CV (curicculum vitae) serta dokumen lain yang diperlukan.
- Pastikan pekerjaan yang anda lamar sesuai dengan bakat dan kemampuan anda.
- Pastikan anda mengetahui jenis keterampilan atau kualifikasi yang yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan ini, dan bagaimana ini cocok dengan kondisi anda?
- Anda dapat mencari tahu tentang jenis pekerjaan dan persyaratan masuk untuk pekerjaan yang berbeda, untuk memiliki banyak opsi atau pilihan pekerjaan, sehingga ketika anda gagal diterima di pekerjaan ini anda masih punya pilihan lain. Anda dapat melihat jenis pekerjaan yang terpercaya melalu website lowongan pekerjaan terpercaya, media, kantor pelayanan tenaga kerja, kementrian tenaga kerja dan sumber lain yang terpercaya tentunya.
Cari dan bagaimana menemukan & melamar pekerjaan yang sesuai
- Mencari lowongan pekerjaan
- Mencari informasi dari keluarga, teman dan tetangga - Anda tidak pernah tahu siapa saja yang mungkin bisa membantu menemukan pekerjaan.
- Carilah iklan pekerjaan di media cetak seperti koran lokal.
- Mendaftar ke situs-situs lowongan pekerjaan.
- Hubungi perusahaan atau instansi secara langsung.
- Mendaftar dengan perusahaan rekrutmen - pastikan tidak ada biaya untuk ini, jika ada harus benar benar kredibel atau terpercaya.
Menulis surat lamaran pekerjaan & memperbarui CV Anda
Setelah anda mengetahui beberapa opsi pekerjaan yang ingin anda lamar, kini saatnya membuat surat lamaran pekerjaan (job aplication letter) dan berikut bagian menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. pastikan untuk memiliki surat lamaran pekerjaan dan Cv secara berbentuk fiktif (asli & fotocopy) dan juga online doc (pdf atau office siapa tahu anda membutuhkan melamar secara online)
- Tempat dan tanggal penulisan
- Perusaahaan atau instansi yang dituju
- Salam hormat
- Kata pengantar
- Biodata pribadi
- Pengalaman kerja, kemampuan atau skill
- Harapan
- Penutup
- Signature atau tanda tangan
Sedang tips untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah sebagai berikut:
- Surat ditulis tulisan tangan
- Menggunakan tulisan yang jelas dan rapi
- Menggunakan bahasa yang baik dan benar
- Format penulisan tersusun rapi dengan bahasa yang tidak bertele tele
- Lengkapi dengan data data yang dibutuhkan tempat perusahaan atau instansi yang ingin anda lamar dan pastikan data diri sesuai dengan kondisi anda sebenarnya
- Lampirkan dokumen pendukung seperti CV, fotokopi ijazah, foto kopi sertifikat dan dokumen lain yang diperlukan.
Setelah surat lamaran pekerjaan selesai anda tulis maka anda membutuhkan CV sebagai lampiran surat lamaran kerja yang anda buat tadi. CV (Curicculum Vitae) atau daftar riwayat hidup mutlak dilampirkan dalam surat lamaran kerja karena daftar riwayat hidup ini berisi tentang data diri anda secara singkat, lalu bagaimana menulis CV Anda?
- CV harus singkat, padat dan jelas berisi dua hingga tiga halaman paling banyak.
- Menulis tentang data diri anda, latar belakang pendidikan anda, pengalaman kerja Anda, sertifikat ketrampilan yang anda punyai atau dokumen lain.
- Setelah selesai, pastikan untuk memeriksa lagi CV anda.
Melamar pekerjaan
Setelah semua dokumen anda persiapkan dengan baik selanjutnya anda perlu mengirimkan surat lamaran pekerjaan disertai lampirannya ke perusahaan yang membuka lowongan kerja baik secara langsung, kirim lewat pos kilat (agar cepat sampai tujuan) atau kirimkan secara online (jika perusahaan menginstruksikan untuk ini)
Siapkan diri anda untuk wawancara kerja
Setelah anda mengirimkan semua data yang diperlukan untuk mendaftar atau melamar pekerjaan maka selanjutnya anda harsu mempersiapkan diri untuk kemungkinan wawancara kerja. Tipsnya adalah sebagai berikut:
Pikirkan dan cari informasi tentang apa jenis pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh pewawancara kerja anda. Anda bisa mendapatkan informasi seputar wawancara kerja melalui teman atau kenalan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut, dari website resmi perusahaan atau sumber lain.
Menghadiri wawancara kerja
Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, Anda tidak akan pernah tahu apakah anda akan dopanggil untuk wawancara kerja. Jadi, ketika Anda ditawarkan sebuah wawancara kerja, lakukan dengan baik! Karena wawancara kerja merupakan tahap dimana anda akan dinilai oleh staf perusahaan yang bertugas merekrut karyawan baru, jadi gunakan kesempatan ini dengan baik agar peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbuka lebar. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda membuat kesan yang baik.
- Datang lebih awal untuk wawancara.
- Berpakaian rapi dan bersikap sopan dan baik.
- Menjawab setiap pertanyaan dengan baik dan tegas
- Catat yang mungkin anda perlu membuat catatan dalam wawancara.
- Memiliki perkiraan gaji yang Anda inginkan. Pastikan ini realistis untuk pekerjaan sesuai dengan jabatan atau bidang pekerjaan anda.
Dapatkan tawaran pekerjaan
Setelah anda berhasil melalui wawancara kerja kini saatnya anda bersiap untuk bekerja atau bahkan sebaliknya yaitu ditolak! Jika Anda berhasil dan ditawari pekerjaan, perusahaan biasanya akan melakukan penawaran secara lisan. Mereka kemudian akan mengirimkan perjanjian kerja, yang akan menguraikan rincian pekerjaan Anda. Sebelum Anda menandatangani perjanjian kerja Anda, luangkan waktu untuk melihat lebih detail, dan memeriksa dan meminta saran jika Anda membutuhkannya. Hal ini untuk memastikan tidak ada yang dirugikan dalam perjanjian kerja tersebut.
- Jenis informasi dalam perjanjian kerja adalah sebagai berikut:
- Upah atau gaji
- Jam kerja
- Rincian penyisihan cuti, termasuk cuti sakit, cuti tahunan (liburan) dan cuti lainnya
- Ulasan kinerja.
Sebelum Anda mendatangani surat perjanjian tersebut pastikan:
- Membaca perjanjian - atau pastikan seseorang yang Anda percaya yang lebih profesional dan mengerti untuk hal ini untuk memeriksanya lebih detail.
- Pastikan untuk meminta penjelasan tentang apa pun dalam perjanjian kerja yang Anda tidak yakin atau tidak mengetahuinya.
Jika anda telah melewati tahap ini maka selamat dan mulailah mendapatkan pekerjaan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Informasi Dunia Kerja
Artikel Terkait Dengan "Prosedur & Tata Cara Mencari, Menemukan Dan Melamar Pekerjaan "
harus memperhatikan contoh daftar riwayat hidup biar langsung dilirik hrd
ReplyDeletemakasih atas infonya sangat membantu, kunjungi http://bit.ly/2CPtuf1
ReplyDelete