Pengertian Kerja Sebagai Seorang Freelance / Freelancer

Posted By : Posted on - 22.21 with No comments

Kerja Paruh Waktu / Kerja Lepas / Freelance
Pengertian Kerja Freelance
Seringkali kita mendengar pekerjaan freelance tetapi bagi sebagian orang pekerjaan sebagai freelance itu dimengerti secara jelas. Freelance merupakan pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan lepas atau istilah yang biasa digunakan untuk orang yang bekerja sendiri dan tidak harus berkomitmen untuk jangka panjang kepada perusahaan, owner bisnis maupun pemilik usaha tertentu sehingga kerjaan sebagai freelance tidak bersifat terikat dengan aturan perusahaan. Dan orang yang melakukan pekerjaan freelance disebut sebagai freelancer.

Kerja Paruh Waktu / Kerja Lepas / Freelance
Image source: Smecomplete.com

Bidang pekerjaan yang paling umum menggunakan pekerja lepas (freelancer) ini biasanya dalam bidang penjualan (marketing, sales, SPG/SPB,dll), musik, menulis, pemrograman komputer, desain web, desain grafis, , fotografi, menerjemahkan /translate, editing dsb.  Menggambarkan bentuk lain dari kerja paruh waktu yang beberapa teori budaya menganggap sebagai pusat budaya ekonomi kognitif. Karena dikenal dikenal sebagai pekerja freelance / paruh waktu maka pelaku tidak dalam komitmen kontrak jangka panjang sehingga bisa saja mereka menjual karya mereka ke klien ketimbang dipekerjakan oleh sebuah bisnis.
Persyaratan

Persyaratan Menjadi Seorang Freelancer

Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi seorang freelancer. Beberapa orang memiliki beberapa latar belakang pendidikan formal seperti tertulis, jurnalisme atau pemrograman. Mereka mungkin juga memiliki memiliki derajat pendidikan seperti gelar master dalam jurnalisme atau dalam pemrograman komputer. Nah berikut persyaratan umum untuk menjadi seorang freelancer atau tenaga kerja paruh waktu / pekerja lepas:

Pengalaman
Ketika perusahaan atau bisnis mencari freelancer, mereka biasanya melihat pengalaman yang freelancer miliki dari portofolio pekerjaan yang mereka buat sebelumnya. Hal ini dapat sulit bagi orang yang baru memulai sebagai freelancer karena mereka tidak memiliki pengalaman dan orang-orang yang mempekerjakan biasanya akan memilih freelancer yang memiliki bukti dan pengalaman kerja seseuai pekerjaan paruh waktu yang dibutuhkan.

Fleksibilitas dan adaptasi yang baik
Salah satu keuntungan menjadi freelancer adalah mampu bekerja di mana saja. Freelancer tidak harus bekerja di dalam sebuah perusahaan atau kantor, sehingga mereka dengan mudah dapat bekerja di rumah. Mereka juga tidak terbatas oleh jadwal waktu dan memiliki kebebasan untuk membuat jadwal mereka sendiri. Fleksibilitas dan mudah beradaptasi dengaan pekerjaan freelance merupakan syarat umum untuk menjadi freelancer, sebuah pilihan menarik bagi orang-orang yang tidak suka aturan dan jadwal yang membosankan.

Paham dunia internet / online
Orang biasanya dapat menemukan dan menyewa freelancer dari internet atu secara online. Jika anda berminat menjadi seorang freelancer coba anda ketikkan di browser internet dengan kata kunci frrelancer, maka anda akan menemukan banyak situs yang menyediakan pekerjaan freelance sesuai dengan bakat, minat maupun pengalaman yang dimiliki. Sebut saja beberapa website populer seperti GetaFreelancer.com, ScriptLance, eLance, Guru.com dan Rent-a-Coder adalah beberapa website yang akan mempertemukan anda sebagai pekerja lepas dengan pemiliki usaha yang membutuhkan tenaga freelance.

Bisa memanage waktu dengan baik
Walaupun pekerjaan freelance tidak terikat dengan komitmen maupun aturan bisnis tetapi tetap saja pekerjaan paruh waktu memiliki tenggat waktu atau batas waktu yang ditentukan oleh pemilik usaha dengan anda sebagai freelancer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar