Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Quality Assurance (QA)

Posted By : Posted on - 15.41 with 11 comments

Pengertian Quality Assurance (QA)
Sering kita merasa bingung dengan pengertian Quality Control (QC) dengan Quality Assurance (QA), karena keduanya berada didepartemen yang sama dalam suatu perusahaan. Perbedaanya terdapat pada tugasnya yang berbeda walaupun keduanya biasanya terdapat dalam satu departemen. Kita mengetahui jika pengertian tugas Quality Control (QC) merupakan pengendalian kualitas, sedang Quality Assurance adalah jaminan kualitas.

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Quality Assurance (QA)

Jadi secara umum pengertian Quality Assurance (QA) adalah scara umum mencakup monitoring, uji-tes dan memeriksa semua proses produksi yang terlibat dalam produksi suatu produk. Memastikan semua standar kualitas dipenuhi oleh setiap komponen dari produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan untuk memberikan jaminan kualitas sesuai standar yang diberikan oleh perusahaan.

Jadi Quality Assurance mempunyai tugas dan tanggung jawab pokok terkait dengan peran jaminan kualitas. Meskipun sifat yang tepat dari pekerjaan jaminan kualitas akan berbeda berdasarkan pada industri tertentu, tugas utama dan kompetensi terkait dengan memastikan bahwa produk tersebut memenuhi standar kualitas yang diperlukan atau diberikan sesuai standar perusahaan.

Tanggung Jawab Quality Assurance (QA)
Quality Assurance (QA) secara umum bertanggung jawab untuk memastikan produk atau jasa memenuhi standar yang ditetapkan termasuk keandalan, kegunaan, kinerja dan standar kualitas umum yang ditetapkan oleh perusahaan.

Tugas Pokok & Tanggung Jawab Terperinci QA
  • Memiliki tugas poko dalam perencanaan prosedur jaminan kualitas suatu produk atau jasa
  • Menafsirkan dan menerapkan standar jaminan kualitas
  • Mengevaluasi kecukupan standar jaminan kualitas
  • Merancang sampel prosedur dan petunjuk untuk mencatat dan melaporkan data berkualitas
  • Meninjau pelaksanaan dan efisiensi kualitas dan inspeksi sistem agar berjalan sesuai rencana, melaksanakan dan memantau pengujian dan inspeksi bahan dan produk untuk memastikan kualitas produk jadi
  • Mendokumentasikan audit internal dan kegiatan jaminan kualitas lainnya
  • Menyelidiki keluhan pelanggan dan masalah ketidaksesuaian
  • Mengumpulkan dan menyusun data kualitas statistik
  • Menganalisis data untuk mengidentifikasi area untuk perbaikan dalam sistem mutu
  • Mengembangkan, merekomendasikan dan memantau tindakan perbaikan dan pencegahan
  • Menyiapkan laporan untuk berkomunikasi hasil dari kegiatan kualitas
  • Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan mengatur intervensi pelatihan untuk memenuhi standar kualitas
  • Mengkoordinasikan dan dukungan di tempat audit yang dilakukan oleh penyedia eksternal
  • Mengevaluasi temuan audit dan menerapkan tindakan koreksi yang tepat
  • Mengelola dan memeriksa kegiatan manajemen risiko
  • Bertanggung jawab untuk sistem manajemen dokumen
  • Memastikan kepatuhan berkelanjutan dengan persyaratan peraturan kualitas dan industri yang ditetapkan perusahaan

Persyaratan Pendidikan & Pengalaman Quality Assurance (QA)
  • Gelar sarjana, Diploma yang sesuai dengan bidang tugas
  • Akan lebih baik jika memiliki  sertifikasi Kualitas Auditor, Quality Engineer, Peningkatan Kualitas Asosiasi, Six Sigma
  • Berpengalaman dalam pemeriksaan mutu, audit dan pengalaman pengujian
  • Berpengalaman dengan pelaksanaan program tindakan korektif
  • Berpengalaman khusus dalam produk industri
  • Memiliki keterampilan komputer yang baik termasuk Microsoft Office dan database
  • Memiliki keterampilan & pengetahuan tentang alat, konsep dan metodologi QA
  • Memiliki pengetahuan tentang persyaratan peraturan yang relevan

Keahlian Quality Assurance (QA)
  • Teliti
  • Detail 
  • Pandai untuk komunikasi secara lisan dan tertulis
  • Mampu dalam pengumpulan data
  • Manajemen dan analisis
  • Menganalisis masalah dan pemecahan masalah perencanaan dan pengorganisasian keputusan Pengambilan keputusan
  • Orientasi layanan pelanggan 
  • Mampu bekerja sama

11 komentar:

  1. ella mau kerja jd QA gk bisa

    BalasHapus
  2. Saya kira tugasnya cuma testing dan bikin dokument donk

    BalasHapus
  3. Saya seorang QA dan sangat asyik, krn tiap waktu mengevaluasi hasil kinerja pegawai dan menjamin kepuasan klien.
    Sulit memang, krn harus memiliki kemampuan analysis data yg mumpuni...

    BalasHapus
  4. Iya bnr ternyata lebih ribet 😑

    BalasHapus
  5. Haampir setahun kerja jadi QA di salah satu bank besar rasanyaa ituuuuu hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mbak, salam kenal. saya mau tanya soal beberapa jobdesc sbg QA boleh nggak mbak? soalnya besok ada interview sebagai QA di perusahaan banking, hehe terimakasih sebelumnya :)

      Hapus
  6. Dalam dunia pekerjaan pasti ada enak dan tidaknya.. itu pasti. Menurut saya menjadi seorang QA sangat sulit ini biasanya jabatan tunggal di setiap perusaan kita dapat pekerjaan yg beda dengan yg lain dari pekerjaan teman kita yg mereka kerja udah ada aturannya sementara sulitnya menjadi seorng QA kita yg mencari pekerjaan kita sendiri di bagian monitoring yg mencakup Kebersihan,pelayan,kualitas,bangunan,pakayan pekerja dll semua menjadi tanggung jawab seorng QA.

    BalasHapus
  7. baru dapet panggilan interview sebagai staff QA

    BalasHapus
  8. Sudah diterima sebagai QA. Semoga dilancarkan

    BalasHapus