Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Business Analyst

Business Analyst / Analisis Bisnis
Pengertian Analisis Bisnis
Menurut wikipedia seorang Business Analyst adalah seseorang yang menganalisis sebuah organisasi, perusahaan maupun instansi secara (nyata atau hipotetis) dan mendesain proses dan sistem, menilai model bisnis menintegrasikannya dengan teknologi. 

Nah Tugas seorang business Analyst adalah memahami struktur, kebijakan, dan operasi dari suatu organisasi, dan untuk merekomendasikan solusi yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya. Jadi Analis Bisnis diminta untuk menganalisis, mengubah dan akhirnya menyelesaikan masalah bisnis dengan bantuan teknologi baik dalam penggunaan alat teknologi terbaru, aplikasi maupun teknologi lainnya.

Image Source : Workable.com


Business Analyst adalah seseorang yang merupakan bagian dari operasi bisnis dan bekerja dan berkaitan dengan Teknologi Informasi untuk meningkatkan kualitas layanan yang disampaikan, kadang-kadang membantu dalam Integrasi dan Pengujian solusi baru di perusahaan, instansi maupun organisasi. 

Business analyst juga dapat mendukung pengembangan materi pelatihan, berpartisipasi dalam pelaksanaannya, dan memberikan dukungan pasca implementasi. Hal ini mungkin melibatkan pengembangan rencana proyek dan seringkali memerlukan keterampilan manajemen proyek.

Tanggung Jawab & Syarat Seorang Business Analyst

Pada umumnya Business Analyst memiliki latar belakang teknik, memiliki pengalaman kerja sebagai programmer atau insinyur, atau menyelesaikan gelar Ilmu Komputer. 

Bisnis analis tidak harus selalu bekerja dalam proyek-proyek yang berkaitan dengan IT, keahliannya juga sering diperlukan dalam bidang pemasaran dan keuangan juga. Biasanya beberapa perusahaan atau industri yang membutuhkan jasa dari bisnis analis biasanya yang bergerak di bidang keuangan, perbankan, asuransi, telekomunikasi, utilitas, layanan perangkat lunak dan sebagainya. 

Business analyst memiliki tanggung jawab memahami struktur, kebijakan, dan proses produksi suatu perusahaan maupun organisasi dan merekomendasikan solusi, cara, metode yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya dan memiliki jiwa problem solver.

Bidang analisis bisnis

Nah dilihat dari bidangnya bisnis analis bisa dibedakan menurut tingkatan bidang antara lain sebagai berikut.

  • Perencanaan strategis adalah bisnis analis untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis organisasi
  • Analisis model bisnis adalah bisnis analis yang bekerja sesuai bidang untuk menentukan kebijakan organisasi dan pendekatan pasar
  • Proses desain adalah bisnis analis yang bekerja sesuai bidang kerjanya untuk membakukan alur kerja organisasi
  • Analisis sistem adalah bisnis analis yang bekerja untuk menginterpretasikan aturan bisnis dan persyaratan untuk sistem teknis (umumnya dalam IT)

8 comments:

  1. Business Analyst adalah seseorang yang merupakan bagian dari operasi bisnis dan bekerja dan berkaitan dengan Teknologi Informasi untuk meningkatkan kualitas layanan yang disampaikan, kadang-kadang membantu dalam Integrasi dan Pengujian solusi baru di perusahaan, instansi maupun organisasi

    ReplyDelete
  2. Mantab..
    https://arabitzone.blogspot.com
    https://lixmedia.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Indonesia masih kurang SDM di bidang Business Analyst. semoga dengan adanya artikel ini semakin banyak yang paham betapa vitalnya posisi Business Analyst, serta prospek yang bagus dalam karier

    ReplyDelete
  4. Thanks for nice information, please visit our web :
    Adityo
    Adityo

    ReplyDelete
  5. Thank you for nice information. Please visit our web:
    www.uhamka.ac.id

    adi
    adi

    ReplyDelete
  6. Thank you for nice information. Please visit our website:

    Allif
    Allif

    ReplyDelete