Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Admin Logistik (Logistic Administrative)

Admin Logistik (Logistic Administrative)
Pengertian Admin Logistik (Logistic Administrative)
Peralatan, konsumsi maupun transportasi merupakan bagian dari logistik. Dilihat dari asal katanya, logistic berasal dari bahasa perancis, Loger, yang artinya untuk menginapkan atau menyediakan. 

Dengan kata lain, logistik terkait erat dengan proses pengolahan barang yang strategis terhadap pemindahan, penyimpanan, pengadaan dan pemeliharaan barang atau peralatan.

admin logistik
Pengertian tugas taanggung jawab admin logistik
Sedangkan admin logistik bisa berarti seseorang atau sebuah tim yang bertanggung jawab dalam melakukan proses pengolahan barang yang strategis terhadap pemindahan, penyimpanan, pengadaan dan pemeliharaan barang atau peralatan atau upaya pencatatan maupun pengolahan yang bersifat administratif.

Fungsi Administrasi Logistik

Administrasi logistik merupakan bentuk tata usaha atau urusan pencatatan yang menekankan pada segala proses pengelolaan barang mulai dari pemindahan,penyimpanan, pengadaan dan pemeliharaan bahkan sampai dengan pada penghapusan barang-barang (habis pakai atau tahan lama) agar tercapai tujuan bersama secara lebih efektif dan efisien. Adapun fungsi dari administrasi logistic, yaitu :

  • Pengadaan logistik
  • Penyimpanan
  • Distribusi
  • Penggunaan
  • Penghapusan

Skema diatas bukan sekedar menunjukkan adanya tahapan atau siklus pengolahan barang, melainkan sebuah kesatuan dari fungsi-fungsi administrasi logistic yang saling berkaitan. Selain itu, administrasi logistic tidak akan lepas dari ada form-form pendukung pencatatan.

Tanggung jawab Administrative Logistic (Admin logistik)
  • Pengambilan data penerimaan barang (GRN) ke dalam Sistem ERP
  • Melakukan tugas administratif (termasuk dokumen pendistribusian / collection / filling).
  • Kompilasi laporan ketidaksesuaian dan ekspirmasikan penutupan dari perbedaan produk.
  • Perbarui dan kompilasi laporan bulanan terkait logistik.
  • Memelihara dan memperbarui catatan persediaan persediaan dan lokasi barang.
  • Membantu menjawab panggilan masuk dan pengambilan pesan.
  • Tugas logistik terkait lainnya yang ditugaskan.

Tugas Admin Logistik secara umum
  • Lakukan proses untuk mengirimkan tagihan kode dan cek permintaan.
  • Log data yang berkaitan dengan administrasi logistik ke dalam sistem pengiriman.
  • Menyiapkan dokumentasi pengiriman dan mengembangkan hubungan yang baik dengan agen pengiriman (transportasi/ pengangkutan).
  • Terlibat secara umum dalam pengadaan, pemrosesan pesanan.
  • Berinteraksi dengan pelanggan sehubungan dengan jadwal bagian dan pengiriman yang mempertahankan basis data klien.
  • Mempertahankan faktur database kinerja vendor.
  • Menyiapkan catatan pengiriman untuk agen di lapangan untuk memastikan pengiriman dan korespondensi yang tepat waktu.
  • Berinteraksi dengan pemasok eksternal yang terkait dengan pengiriman sampel untuk rekan departemen organisasi saat cuti atau tidak hadir.
  • Mengembangkan dan memelihara hubungan dengan departemen teknik untuk pergerakan barang atau barang perbaikan.
  • Berinteraksi dengan pemasok eksternal dan internal sehubungan dengan penyampaian catatan umum bersamaan dengan tugas kantor.
  • Berpartisipasi dalam administrasi catatan penjualan internal dan prosedur.
  • Menerima pengiriman dan memastikan kualitas dan kuantitas
  • Melacak dan memperlancar proses pembelian
  • Membuat dan memelihara kontak dengan vendor dan pelanggan untuk memastikan pengiriman barang secara tepat waktu
  • Berinteraksi dengan penyedia layanan logistik pihak ketiga
  • Mengaudit biaya dan dokumentasi audit
  • Memastikan keakuratan semua persediaan
  • Menjaga komunikasi dengan staf gudang untuk memastikan tatanan kerja yang benar
  • Meninjau ulang tagihan, faktur dan pesanan pembelian
  • Pastikan semua pembayaran diproses tepat waktu
  • Membantu pelanggan dengan menanggapi pertanyaan
  • Memperbarui informasi pengiriman dalam database
  • Atur file secara manual dan elektronik
  • Memantau dan fasilitasi perintah perbaikan
  • Mengkoordinasikan pengiriman untuk item yang diperbaiki atau dikembalikan
  • Memastikan gudang memiliki ruang yang cukup untuk pengiriman masuk
  • Memastikan semua item diberi nomor dan tag dengan benar
  • Bertanggung jawab dalam pembuangan barang yang tidak berguna atau rusak
  • Melakukan prosedur keselamatan untuk kendaraan transportast atau pengangkutan pengiriman
  • Melakukan Rekonsiliasi penerimaan pengiriman

Persyaratan atau Pengalaman yang dibutuhkan admin logistik
  • Berpengalaman dalam tugas administrasi dan pemasukan data (data entry).
  • Mampu mengoperasikan komputer (MS Office dan MS Outlook).
  • Kemampuan komunikasi yang baik.
  • Mampu bekerja mandiri atau secara tim.
  • Mampu bekerja di bawah tekanan.
  • Menjaga sikap (attitude).

7 comments:

  1. Info lowongan kerja dong yg jdi admint

    ReplyDelete
  2. Thank you very much for seeing 밤알바 information.
    Thank you very much for seeing 밤알바 information.

    ReplyDelete
  3. Berapa gajih admin logistik pada perusahaan tambang

    ReplyDelete
  4. kepada Yth,
    To : Perusahaan BUMN/SWASTA Nasional Ditempat
    Up/attn : pimpinan/finance/marketing
    Perihal : Surat Perkenalan & Kerjasama
    Terlampir : 1 Perincian Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond

    Dengan Hormat,
    Salam hangat dari PT. MITRA JASA INSURANCE(Consultan Bank Garansi Dan Asuransi)
    Perkenankan kami untuk memperkenalkan perusahaan kami, PT. MITRA JASA
    INSURANCE Dimana kami telah di back up beberapa perusahaan Asuransi
    Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN serta Perusahaan kami telah
    ditunjuk untuk memasarkan bank garansi yang terbitkan oleh Bank
    diantaranya: BANK BNI , BRI , BCA , BII , EXIM , DKI , BTN , SINARMAS
    , MUTIARA , AGRA , KALTIM , SUMSEL , BUMIPUTERA , MANDIRI,DLL,serta
    bank dan Asuransi Penerbit lainnya.Pada kesempatan ini kami menawarkan
    kerjasama dibidang penerbitan bank Garansi / Surety bond,dimana
    didalam penerbitannya kami memberikan prosedur relatif mudah yaitu :
    NON COLLATERAL (Tanpa Agunan), Serta Jaminan polis siap kami antar.
    Jasa General Insurance Bank Garansi Dan Asuransi Yang Kami Tawarkan
    Diantaranya :
    – JAMINAN PENAWARAN (Bid Bond)
    – JAMINAN PELAKSANAAN (Performance Bond)
    – JAMINAN UANG MUKA (Advance Payment Bond)
    – JAMINAN PEMELIHARAAN (Maintenance Bond)
    1.Contractor all risk (CAR)
    2.Conprenshive general liability ( CGL)
    3.Workman compensation liability (WCL)
    4.Automobile liability (AL)
    5.Custom bond
    6.Property all risk (PAR)
    7.Erection all risk ( EAR)
    8.Marine hull insurance (MH)
    9.Cargo
    10. Sp2d Akhir Tahun ( Surat Perintah Pencairan Dana )
    11.KMK (kredit modal kerja)
    Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan
    kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu
    kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi)
    baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek
    yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu
    proses cepat serta jaminan polis siap di antar.
    Demikianlah penawaran dari kami, semoga ini merupakan awal kerjasama
    yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang,atas perhatian
    dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    Salam.

    nirwan junaidi

    PT.MITRA JASA INSURANCE

     Alamat       :Jl.cipinang jagal no.7 Rt.005/016 cipinang pulogadung

     Telp            : 021-22476367

     Fax              : 021-22472288

     Telp            : 0813 8889 4124

     Email         :  nirwanjunaidi0@gmail.com

    ReplyDelete
  5. PT.ATM Logistik ,Sebagai Perusahaan Jasa Kepabeanan yang menangani Customs Clearance Import via Pelabuhan Di Indonesia maupun Bandara (SEA&AIR)

    Kami melayani pengiriman Door to Door
    Pelanggan dapat mengetahui update proses sampai door Pelanggan dan Biaya yang tidak berubah dari quotation awal.


    Pengiriman Air Freight / Udara dan Sea Freight / Laut, tergantung kebutuhan dari Customer, Dengan networking dan kerjasama dengan valuable Agent di seluruh Negara kami dapat memberikan pelayanan Pick up dari Door, Delivery,

    hingga handling Custom Clearance dari Negara Asal Sampai ke Indonesia.
    Harga borongan import door to door sudah mencakup seluruh biaya mulai shipment di pick up sampai diantarkan ke alamat penerima, tidak ada ‘hidden cost'.

    Services
    1.JASA CUSTOMS IMPORT RESMI & BORONGAN
    2.PENYEWAAN UNDERNAME/LEGALITAS IMPORT
    3.IMPORT DOOR TO DOOR SERVICES
    4.PENGIRIMAN INTERNATIONAL & DOMESTIC


    (NB:Jika ada barang yang tersangkut/TERTAHAN di BC,kita bisa bantu Untuk proses penguluarannya.)

    NOTE :
    * Harga negotiable, dilihat dari beberapa faktor dan Kami siap membantu jika ingin menanyakan tentang Barang bekas (tanpa konfirmasi sebelumnya), Cargo dan Seputar Jasa Kiriman baik import borongan atau Import Resmi, Pribadi atau Perusahaan.
    * Pembayaran setelah barang sampai di tempat/ Gudang Anda.
    * Second Opinion akan membuat anda lebih Baik dan bijak dalam menghadapi persoalan dari Import barang Anda
    * Mengenai proses pengeluaran Barang Import ataupun Service lain yang terpilih, diperkuat dengan MOU bermaterai demi terciptanya suatu kepercayaan dan kekuatan hukum bersama
    Hormat kami

    Mr.DARWIN
    WA:0812 9282 2285
    Jl. Rawa Bambu No. 16B
    Jakarta Selatan 12520 Indonesia
    Tlp:(021)2787 2289 021 2270 8650 (Ext)103
    E-Mail ptatmlogistik@gmail.com
    http://atmimpor.blogspot.com

    ReplyDelete