Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup / CV (Curicculum Vitae) & Contohnya

Posted By : Posted on - 00.56 with No comments

Sebagai salah satu lampiran dalam membuat surat lamaran kerja, anda tentunya melampirkan daftar riwayat hidup anda. Daftar riwayat hidup diperlukan sebagai notice atau pemberitahuan daftar riwayat hidup anda secara singkat. Dan biasanya setiap perusahaan secara umum mensyaratkan pelampiran daftar riwayat hidup atau CV sebagai lampiran surat melamar suatu pekerjaan.

Ada aturan atau cara yang baik dalam menyusun daftar riwayat hidup atau curicculum vitae (CV) ini, agar menarik minat staff HRD suatu perusahaan untuk merekrut anda sebagai karyawannya. Selain itu melalui daftar riwayat hidup anda menceritakan secara singkat catatan riwayat hidup anda dalam hal pendidikan dan pengalaman kerja. Jika anda membuat daftar riwayat hidup atau CV dengan baik dan benar maka peluang anda untuk dapat diterima bekerja di suatu perusahaan atau instansi akan semakin terbuka lebar.

Daftar riwayat hidup setidaknya harus jelas, singkat dan dapat memberi petunjuk dengan lengkap walaupun hanya berbentuk ringkasan, setelah kemarin saya share tentang cara membuat surat pengunduran diri atau resign kali ini saya akan memberi contoh bagaimna cara membuat daftar riwayat hidup atau curricculum vitae (CV). Berikut contoh daftar riwayat hidup atau curicculum vitae yang baik dan benar:

Contoh daftar Riwayat Hidup (CV)

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI


 Pas Photo (4x6)
Nama                                : Natasha Caroline Rahardja
Tempat, Tanggal Lahir      : Sidney, 20 Juli 1987
Jenis Kelamin                   : Perempuan
Agama                              : Kristen Protestan
Kewarganegaraan            : Indonesia
Alamat                              : Indah Permai Regency Jln.Nitikan no 13                                                 Yogyakarta, 57767
Telephon                          : 0274 6523987 (Rumah)
                                           0812 222 5555 (HP)


LATAR PENDIDIKAN

Formal
1992-1998            : Prince Edward Elementary School, Sidney
1998 – 2001         : Louis Santana Junior High School
2001 – 2004         : SMA Kanisius, Yogyakarta
2004 – 2009         : Fakultas Akuntansi UGM, Yogyakarta
2009-2011            : Program Magister Akuntansi UGM, Yogyakarta

Non Formal
2001 – 2002         : Kursus Ilmu dan Tata Bahasa Indonesia, Yogyakarta
2005 – 2006         : Kursus Bahasa Jerman LIPBA Yogyakarta
Sertifikat
2002                     : Indonesian Gramar LIB
2006                     : GGL LIPBA
2008                     : Junior Master of Accountan Sidney Press
2009                     : Senior Master of Accountan Phillips Morris
2011                     : GMA Freeport

KEMAMPUAN

  • Kemampuan Akuntansi (Accounting) dan Administrasi. Journal printing & Calculation, Ledger, Salary Calculation, Project Data Updating, Teller, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
  • Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, Photoshop, Corel draw,Autocad, web-developer, MysQl, PHP, HTML,  Xampp, PDF, calculation accountan offline online, MS Outlook dan Internet)
  • Memahami Sistem Perpajakan Nasional dan Internasional

PENGALAMAN PEKERJAAN

Manager Akuntansi Astra Internasional Yogyakarta

Kerja                    : PT. Astra Internasional, Yogyakarta
Periode                : April 2011 – June 2013
Status                  : Karyawan tetap
Posisi                   : Kepala Adminsitrasi

Rincian Pekerjaan
  • Mengupdate data konsumen dari semua divisi pemasaranMengatur dan bertanggung jawab atas semua administrasi perusahaan
  • Memimpin semua divisi administrasi di wilayah Yogyakarta


Bekerja di PT. Chevron,  Jakarta

Periode                : Juli  2013 – Mei 2014
Status                  : Karyawan Tetap
Posisi                  : Finance Manager

Rincian pekerjaan
  • Melakukan dan bertanggung jawab atas semua surat-menyurat  bisnis
  • Menganalisa, bertanggung jawab menerbitkan dan menerima faktur
  • Mengelola dan bertanggung jawab atas divisi administrasi perusahaan
  • Bertanggung jawab mengontrol semua persediaan peralatan perusahaan bidang administrasi
  • Mengatur dan bertanggung jawab memimipin divisi penggajian (payroll)


Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Yogyakarta, 10 Juni 2015

                    
Natasha Caroline Rahardja

Nah diatas adalah tentang cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan lengkap, semoga bermanfaat dan jika ada saran, masukan maupun tambahan silahkan berkomentar di kolom komentar yang telah disediakan. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar