7 Tips Terbaik Menghadapi Wawancara Kerja

Posted By : Posted on - 10.21 with No comments

Salah satu hal yang membuat berdebar debar bagi para pencari kerja adalah ketika mereka dipanggil untuk sesi wawancara kerja. Saat diwawancarai terkadang gugup dan grogi merupakan hal yang wajar dan terkadang tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Secara umum sesi wawancara kerja digunakan oleh perusahaan untuk menilai seberapa layak kemampuan pencari kerja untuk menerima pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jadi pastikan anda menggunakan sesi wawancara kerja sebaik mungkin sehingga peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan atau posisi yang ditawarkan semakin berpeluang besar.

7 Tips Terbaik Menghadapi Wawancara Kerja

Bila sebelumnya Anda telah berhasil mengirim surat lamaran kerja, resume atau Cv, dan aplikasi pekerjaan lain yang dibutuhkan dan menerima permintaan untuk wawancara, saatnya untuk memahami bagaimana melakukan wawancara kerja sehingga Anda semakin dekat dengan tujuan Anda memperoleh satu atau lebih tawaran pekerjaan. nah berikut adalah 10 tips terbaik menghadapi wawancara kerja:

Melakukan Penelitian, pengamatan, dan info perusahaan yang anda lamar

Sukses dalam wawancara kerja dimulai dengan dasar yang kuat dari pengetahuan tentang perusahaan yang ingin anda lamar. Anda harus memahami segala hal terkait perusahaan, persyaratan pekerjaan, dan latar belakang perusahaan yang akan mempekerjakan anda sebagai karyawannya. Mengetahui seluk beluk perusahaan akan membuata anda semakin baik dalam menjawab pertanyaan wawancara (serta mengajukan pertanyaan mendalam ). Anda dapat melihat atau menari informasi seputar pekerjaan dan perusahaan terkait meliputi Website perusahaan, orang yang anda kenal diperusahaan tersebut dll.

Mempelajari pertanyaan Wawancara Umum Pertanyaan dan Siapkan Tanggapan.

Kunci lain untuk wawancara sukses adalah mempersiapkan tanggapan terhadap pertanyaan dari pewawancara. Pelajari dengan detail kemungkinan pertanyaan yang diajukan dan jika pertanyaan lain muncul diluar dugaan anda jawablah dengan rasa kepercayaan diri, hindari berbohong dan kembangkan jawaban anda.

Berpenampilan serapi mungkin dan bersikap sebaik mungkin

Anda pertama kali akan dinilai dari cara anda berpakaian dan bagaimana anda bersikap. Selalu usahakan memakai baju yang pantas, baik dan terlihat profesional. Pakaian yang baik tidak harus baru, mahal atau mengikuti mode terkini. Berpakaian yang baik adalah mengenakan pakaian yang sopan, rapi dan terlihat profesional. Selain berpakaian yang baik anda juga harus menunukkan sikap yang baik seperti jangan masuk sebelum dipanggil, mengetuk pintu sebelum anda masuk, memberikan salam dan jangan duduk sebelum dipersilahkan duduk. Cara berpakaian dan bersikap anda akan menjadi penilaian tersendiri bagi staf perusahaan yang mewawancarai anda.

Tiba lebih awal

Tidak ada alasan untuk pernah datang terlambat untuk wawancara. Berusaha untuk tiba sekitar 30 menit atau paling lambat 15 menit sebelum wawancara dimulai, tiba lebih awal memberikan anda waktu untuk mempersiapkan diri anda atau dokumen tambahan lain yang diperlukan. Tiba sedikit lebih awal juga merupakan kesempatan untuk mengamati dinamika tempat kerja. Sehari sebelum wawancara, siapkan dirumah hal hal atau dokumen lain yang mungkin diperlukan seperti resume atau CV dan daftar referensi. Jika Anda memiliki portofolio atau sampel dari pekerjaan Anda, hal itu akan menjadi nilai plus. Jangan lupakan juga pena dan kertas untuk menuliskan catatan.
Akhirnya, karena Anda mendapatkan ke kantor, mematikan ponsel Anda. (Dan jika Anda mengunyah permen karet, menyingkirkan itu.)

Membuat Kesan Pertama terlihat baik

Sebuah aturan utamanya dari wawancara adalah menampilkan kesan yang terbaik dalam sesi wawancara karena dalam sesi ini anda akan dinilai tidak hanya dari kemampuan atau kecakapan anda namun dari cara bicara dan bersikap anda. Selalu tunjukkan rasa sopan dan menawarkan salam hangat kepada semua orang yang Anda temui di perusahaan.

Perlu diingat bahwa kesan pertama dapat membangun bahkan menghancurkan sebuah wawancara. Membuat kesan pertama yang kuat dengan berpakaian dengan baik, datang lebih awal, dan saat menyapa pewawancara Anda, berdiri, tersenyum, melakukan kontak mata, dan jangan lupakan jabat tangan . Ingat bahwa memiliki sikap positif dan mengekspresikan antusiasme untuk pekerjaan yang anda lamar sangat penting pada tahap awal wawancara; studi menunjukkan bahwa penilaian dalam membuat keputusan penting tentang pelamar kerja di 20 menit pertama pada sesi wawancara.

Jadilah lebih otentik, Optimis, Fokus & percaya diri

Setelah wawancara dimulai, kunci keberhasilan adalah kualitas dan bagaimana cara anda menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan. Tanggapi setiap pertanyaan dengan keoriginalan jawaban jangan dibuat buat dan yang terpenting adalah, menanggapi segala pertanyaan dengan jujur. Pada saat yang sama, tujuan Anda adalah untuk mendapatkan ke langkah berikutnya, sehingga Anda akan ingin memberikan tanggapan terfokus yang menunjukkan keahlian Anda, pengalaman, dan kemampuan anda dalam pekerjaan tersbeut. Dengan mempersiapkan tanggapan terhadap pertanyaan wawancara jawablah dengan padat, singkat namun memberikan pesan bahwa anda menjawab setiap pertanyaan dengan tepat, hindari menjawab dengan bertele-tele.

Bahasa Tubuh yang baik

bahasa tubuh yang baik juga akan menjadi penilaian tersendiri buat anda. Beberapa bentuk yang efektif dari bahasa tubuh: tersenyum, kontak mata, postur yang solid, mendengarkan, mengangguk dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar