Pengertian Tugas & Tanggung Jawab HRD (Human Resource Development)

Posted By : Posted on - 06.19 with No comments

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab HRD 
Keberhasilan dan kesuksesan suatu perusahaan dalam berkembang merupakan salah satu keberhasilan kinerja karyawan atau sekumpulan orang yang berkinerja dan bertanggung jawab dalam memajukan perusahaan tersebut. Dan salah satu tugas dan tanggung jawab HRD dalam meningkatkan kinerja karyawan inilah salah satu peran penting mereka. HRD (Human Resources Development) atau dalam bahasa indonesia berarti pengembangan sumber daya manusia, dan jika diartikan secara tata bahasa mempunyai arti sekelompok orang atau tim yang mempunyai tugas mengembangkan sumber daya manusia atau pekerja dalam suatu perusahaan ataupun organisasi. Sekumpulan HRD dalam perusahaan biasanya dibagi dalam masing masing peran seperti manager HRD dan staff HRD. Manager HRD inilah yang "mengomando" tugas dan kinerja masing masing staff HRD bawahannya dan mengarahkannya sesuai tugas dan perannya masing masing.

Tugas utama HRD adalah untuk membuat setiap karyawan di suatu perusahaan ataupun organisasi mampu memaksimalkan kemampuan terbaik setiap individu karyawan untuk melayani perusahaan secara lebih baik. Hrd harus bisa menjadi motivator, pendengar dan mampu mengatasi masalah karyawan atau bawahan dalam mengatasi masalah karyawan dalam bidang pekerjaannya. Sehingga HRD juga merupakan seseorang atau sekumpulan orang yang juga harus bisa menjadi "problems solution" bagi karyawan di perusahaan tersebut.

Jadi sangat penting atau vital keberadaan HRD dalam perusahaan, ibaratnya HRD adalah driver bagi sebuah kendaraan (Perusahaan), mereka harus bisa mengemudi dan mengarahkan kendaraan untuk tetap berjalan lancar dan lebih baik. Sehingga sangat lazim di dalam banyak perusahaan atau industri, posisi Human Resources Development atau bagian personalia merupakan salah satu bagian penting bagi kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Sering kali posisi HRD dianggap sebagai nyawa dari suatu perusahaan sehingga tak jarang posisi ini cenderung mendapat otoritas yang cukup tinggi dan dominan di posisi manajerial perusahaan dalam mengambil langkah atau kebijakan bagi para pekerjanya.

Biasanya para perusahaan akan mengutamakan para pelamar kerja yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang psikologi, ekonomi atau hukum, walaupun tidak harus seperti itu yang jelas para HRD ini haruslah memiliki pengalaman dan kemampuan yang cukup karena ptanggung jawabnya dalam perusahaan sangat vital. HRD secara umum bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen atau pencarian tenaga kerja, mulai dari mencari kandidat terbaik, melakukan sesi wawancara atau interview, sampai proses penyeleksian.

Seorang HRD juga bertanggungjawab penuh dalam mengelola dan menggali kemampuan dari setiap tenaga kerja yang ada serta mengembangkan potensi para tenaga kerja ini melalui beberapa metode seperti membuat penilaian kinerja karyawan atau yang kita kenal dengan KPI (Key Performance Index) dan juga memberikan pelatihan-pelatihan atau training mengenai kepemiminan dan ketrampilan lain dalam dunia kerja.

Persyaratan ketrampilan
Seorang HRD atau sekumpulan HRD harus pandai dan teliti memanage waktu. Keterampilan dan kemampuan dalam manajemen waktu adalah suatu keharusan karena HRD perlu berurusan dengan semua karyawan perusahaan / cabang. Mereka harus bisa mengawasi kinerja dan dapat menjadi "problems solver" jika ditemukan terjadi masalah yang dihadapi para karyawan.
HRD juga perlu memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam merancang dan membangun strategi, menambahkan program manfaat, memecahkan banyak masalah dan mengelola waktu dan alur kerja dari setiap karyawan.    

Profesionalisme HRD
Pendekatan profesional di setiap langkah adalah suatu keharusan.

Rekomendasi HRD
Bermanfaat bagi semua karyawan harus sama dan penalaran harus transparan.

Tugas HRD
Tugas dan tanggung jawab HR tergantung pada ukuran perusahaan dan jumlah SDM yang dipekerjakan. Tugas stereotip HRD untuk merekrut karyawan, menjaga keuntungan perusahaan sebagai prioritas. Tapi tugas utama HRD merekrut dan polishing (mengembangkan) karyawan.

Tugas dasar HRD
  • Merekrut personil untuk posisi yang sesuai dengan kemampuan mereka.
  • Memberikan pelatihan dan pengembangan staf.
  • Monitoring kinerja dari setiap karyawan.
  • Memutuskan pemberian pengangkatan jabatan dan kompensasi.
  • Distribusi Pembayaran Karyawan
  • Survei Karyawan dan grading.
  • Monitoring perlengkapan kesehatan dan keselamatan bagi karyawan.
  • Trouble shooting dan pemecahan masalah bagi karyawan.
  • Menjaga hubungan dengan setiap karyawan.
  • Membentuk tim untuk proyek-proyek tertentu, dll

Persyaratan Pendidikan HRD
Gelar Sarjana dari perguruan tinggi yang mengkhususkan diri dalam sumber daya manusia seperti hukum, psikologi dan ekonomi. Berat Tugas dan tanggung jawab ditentukan oleh kriteria seleksi yang bervariasi dari setiap perusahaan dan juga tergantung pada perekrut.

Tips untuk HRD
  • Jaga kondisi yang baik dengan setiap karyawan.
  • Jadilah seseorang yang bisa dibutuhkan pertolongan ketika mereka membutuhkan Anda. Dengarkan masalah mereka dan membantu mereka menemukan solusi.
  • Inovatif dan berbeda. Dengan cara ini Anda dapat mengambil perhatian maksimal dari karyawan.
  • Apresiatif. Berikan pujian kepada karyawan ketika mereka melakukan pekerjaan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar