Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Quality Control (QC)

Posted By : Posted on - 11.54 with No comments

Pengertian Quality Control (QC)
Quality control (pengendali mutu) banyak diperlukan atau dibutuhkan di berbagai sektor industri, dari manufaktur mobil sampai produksi pangan. Tergantung dari sektor industri dimana Quality control tersebut bekerja, tugas umum mereka memeriksa secara visual, bantuan teknologi modern atau menguji produk secara manual sebelum, selama atau setelah proses produksi. Quality control juga bertanggung jawab dalam menjalankan dan memantau peralatan inspeksi, serta merekam dan menganalisis data kualitas suatu produksi.

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Quality Control (QC)
Img credit by commons.wikipedia.org
Lebih detailnya Quality control bertugas meneliti produk dan selama proses produksi baik sebelum, selama dan setelah proses produksi untuk memperoleh standar kualitas yang diperlukan. Tugas quality control mencakup monitoring, uji-tes dan memeriksa semua proses produksi yang terlibat dalam produksi suatu produk. Memastikan semua standar kualitas dipenuhi oleh setiap komponen dari produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan.

Tugas Quality Control
Tugas quality control secara spesifik bervariasi, tergantung pada industri di mana mereka bekerja. Tidak peduli pada sektor industri dimana mereka bekerja tujuan utama mereka adalah pengendalian kualitas, menguji produk sesuai standar spesifikasi pabrik atau perusahaan.

Quality control memiliki kewenangan untuk menerima atau menolak produk yang yang akan dipasarkan. Ketika mereka menemukan cacat pada hasil produksi mereka berwenang dan dapat mengirimkan produk yang cacat kembali untuk perbaikan. Inti dari tugas mereka adalah menguji, memeriksa, meneliti, menganalisi kualitas produk sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan standar perusahaan dan layak diedarkan di pasaran.

Tanggung jawab Quality Control
  • Memantau perkembangan semua produk yang diproduksi oleh perusahaan.
  • Bertanggung jawab untuk memantau, menganalisis, meneliti, menguji suatu produk.
  • Memverifikasi kualitas produk
  • Quality Control bertanggung jawab memonitor setiap proses yang terlibat dalam produksi produk.
  • Memastikan kualitas barang produksi sesuai standar.
  • Merekomendasikan pengolahan ulang produk-produk berkualitas rendah.
  • Bertanggung jawab untuk dokumentasi inspeksi dan tes yang dilakukan pada produk dari sebuah perusahaan.
  • Membuat analisis catatan sejarah perangkat dan dokumentasi produk sebelumnya untuk referensi di masa mendatang.

Keahlian yang diperlukan Quality Control
Mampu menganalisis, menguji, meneliti, memantau dan memastikan produksi berjalan sesuai standar yang ditetapkan oleh perusaahaan.

Persyaratan Pendidikan Quality Control
Persyaratan pendidikan untuk Quality control tergantung pada sektor industri di mana mereka bekerja. Secara umum untuk menjadi staf quality control dibutuhkan ijazah dari perguruan tinggi, politeknik yang sejajar dengan Diploma. Sedang untuk jabatan lebiah tinggi seperti manager kualitas produk mungkin membutuhkan ijazah lebih tinggi seperti sarjana maupun pascasarjana, begitu juga dengan quality produk yang lebih kompleks mungkin memerlukan pendidikan lanjutan dalam kontrol kualitas atau pelatihan khusus dalam bidang industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar